Kenikmatan Tertinggi

illusion-paintings-13

>> KENIKMATAN TERTINGGI DI DUNIA


Kapan kita dikatakan bahagia? ketika kebutuhan & keinginan kita terpenuhi? Kalau gak terpenuhi berarti gak bahagia? bisa jadi tetap bahagia kalau kita mendapat

kenikmatan.

Apa kenikmatan yang benar-benar tiada banding? Apa kenikmatan dan kebahagiaan yang solid tak terbantahkan? Penting gak sih sebenarnya? gak penting? ya sudah gak jadi nulis.. 😀 . Enggak kok.. cup cup cup.. ini ada pembahasan yang harapannya bisa memberi gambaran kepada anda yang stabil maupun labil tentang jadi bahagia itu gitu doang kok sebenarnya. Simpel.

Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang kalau terus dipikirkan bukannya bikin bahagia malah bikin stress 😀 .. daripada kita jadi makin stres, ada baiknya kita kutip hasil penelitian pakar tentang kebahagiaan, kenikmatan terindah di dunia. Kita petakan secara singkat, padat, akurat, dan terukur.

Menurut hasil pencarian saya, berikut logika kenikmatan tertinggi di dunia.

Pemicu hormon Beta-endorfin => Produksi hormon Beta-endorfin => Perasaan bahagia

Penjabarannya saya kutip dari sini:

Menurut kang Abraham Harold Maslow (1908-1970), Manusia memiliki 5 tingkatan kebutuhan yakni:

Kebutuhan dasar manusia menurut maslow 1. Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan paling dasar pada manusia. Antara lain ; pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran gas, cairan (minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, serta seksual.

2. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan

Dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Perlindungan fisik, meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan, dll. Perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru atau asing yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang.

3. Kebutuhan rasa cinta

Yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki, memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahabatan, dan kekeluargaan.

4. Kebutuhan akan harga diri

Merupakan kebutuhan merasa dihargai oleh orang lain serta pengakuan dari orang lain.

5. Kebutuhan aktualisasi diri

ini merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow, yang berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain atau lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya.

Pas kita berusaha dengan berlebihan memuaskan kebutuhan-kebutuhan yang lebih rendah (tingkat 1 hingga tingkat 4), muncul efek samping. Contoh, rakus makan bikin obesitas dan penyakit gaya hidup.

Tapi, waktu kita berkontribusi, contoh: nunjukin orang jalan yang benar, bikin orang jadi ketawa.. otak jadi bebas bekerja .. , otak juga mengeluarkan banyak hormon kebahagiaan yang membawa kita pada kebahagiaan hakiki/puncak. Situasi ini terasa seperti kita sedang menjalankan kehendak Sang Maha Pencipta. Kang Maslow menamainya ”pengalaman puncak”. Substansi otak kita dapat digambarkan sebagai keadaan saat sumber beta-endorfin tidak ada habisnya diproduksi.

Hormon kebahagiaan menunjukan kepada kita bahwa inilah kunci kebahagiaan abadi dan tertinggi dalam hidup.

oleh Dr. Shigeo Haruyama, dalam ”The Miracle of Endorphin”, terbitan Mizan.

Yang mulai ngatuk, boleh cuci muka, 15 menit terlambat silahkan merenung di kantin, loh..?

Naaahhhh !!!! Selain tentang kebutuhan aktualisasi diri sebagai trigger untuk memacu keluarnya hormon endorfin, dari penelusuran penulis, ada sekitar 20 hormon yang menyebabkan kita jadi bahagia, tapi yang paling kuat dan dominan buat kita jadi bahagia memang cuma 1.. endorfin (salam sejahtera buat hormon endorfin 😀 ).

Banyak artikel yang menjelaskan tentang endorfin contohnya artikel ini yang berisi ringkasan cara-cara meningkatkan hormon endorfin. Listnya:

1. Tertawa
2. Konsumsi ginseng
3. Berolahraga bersama teman
4. Menghirup aroma vanila atau lavender
5. Berhubungan seks
6. Makan cokelat
7. Mendengarkan musik
8. Mengkonsumsi makanan pedas

Jadi .. Menurut saya 😀 .. Kenikmatan tertinggi di dunia itu sangat semu. Sesemu keluarnya hormon endorfin dan hormon-hormon lain yang menyebabkan kita merasa bahagia. Sangat singkat. “reaksi kimia”, begitulah kurang lebih kata slank.


Baik, referensi-referensi saya cukupkan sampai sini dulu. Sekarang giliran saya menuangkan pengalaman-pengalaman tentang kenikmatan terindah. Jangan simak ya. Kayak nggak ada bacaan lain aja baca ini .. :3

Jadi.. Bagi saya, selain Allah Jalla Jalaluhu, tidak ada yang benar-benar gaib di dunia dan akhirat, semua itu eksak, termasuk kenikmatan dan perasaan. TERUKUR & MEMILIKI BATAS. Kita bilang gaib karena kita punya limit untuk hal-hal yang kita belum mengerti. Pun sudah mengerti, belum tentu kita punya kuasa yang cukup. Pun punya kuasa, kita tidak immortal (abadi). Pun kita immortal, dunia ini yang tidak immortal. Pun? pun.

Semua kenikmatan di dunia itu semu. Terbatas, terukur dan berjangka. Jika bicara tentang kenikmatan hanya dari prespektif ruang dan waktu, semua adalah tentang hormon, dan reaksi kimia. Begitulah..

Kalau di-list, kenikmatan tertinggi yang pernah saya alami yakni hanya 2:

  • Jatuh Cinta
  • Sadar, Memahami, Mengerti

JATUH CINTA

Rasanya kalau sudah kena virus yang satu ini, hidup serumit apapun jadi makin rumit 😀 . Kalau sudah terinfeksi virus yang satu ini, anda harus siap-siap dalam kurun waktu tertentu tanpa alasan yang jelas. Mengalami kenyasaran imajinasi. Panas jadi sejuk, dingin jadi syahdu. Kata guru saya dulu “jikalau cinta sudah melekat, t** kambingpun berasa coklat” 😀 😀 😀 ..
Aja-aja ada itu pak Qomar..

Tapi begitulah.

– Hanya butuh saat itu, bukan masa depan, bukan pula masa lalu –

Tentang sebab akibatnya, kebetulan nemu tulisan anak ITB puber yang udah komplit walaupun gak begitu jelas sumbernya. Here goes ringkasannya:

Pheromones : bikin naksir seseorang, bikin ngelamunn.. dan membayangkan dia terus
Oxytocin : bikin kangennn, pengen liat orangnya bentar ajah—liat doang beberapa detik
Vasopressin : bikin setia, “you know you are the only one..”
Norepinephrine : bikin semangat, hepi, ceria, bahagia, pengen senyum terus, jadi makin cantik/tampan
Dopamine Bilang Aku Tergila-gila Sama Kamu
Serotonin bilang Aku Terobsesi Sama Kamu
Oxytocin bilang Aku Mau Terus Sama-sama Kamu

 

SADAR, MEMAHAMI, DAN MENGERTI

Warning: ini materi jayus

Siang: “Langit itu biru”
Malam: “Itu ilusi, sebenarnya langit itu gelap bertabur bintang”
Senja: “Langit itu.. syahdu”

Satu kata, “langit”. Secara harfiahpun banyak sekali definisinya. Menurut saya, mengetahui bahwa langit tidak sama dengan warna biru pada material tertentu dengan jarak tertentu dengan ketebalan tertentu. Mengetahui sebenarnya “langit” yang dipandang biji mata kepala kita tidak benar-benar ada. Namun kesadaran dan pengetahuan akan refleksi sinar matahari oleh atmosfir bumi itu benar-benar sebuah kenikmatan luar biasa. Awalnya cuma nikmat “bagusnya langit, warnanya biru, luas.”. Setelah itu “oh ternyata itu refleksi sinar matahari oleh atmosfir bumi”. Lebih dalam “Ternyata langit ada 7 lapis, dan biru itu bahkan sebenarnya bukan langit”, dst.

Bayangkan.. anda mengetahui sesuatu yang orang dahulu memperdebatkan sekian lama. Sekarang itu bukan lagi menjadi sebuah masalah bagi anda. Kenikmatan akan misteri dan rasa penasaran berubah menjadi suatu ketenangan dan kewajaran. Eksak. Memiliki ukuran. Namun disatu sisi kita sadar akan perubahan itu mutlak akan terjadi. Bagi yang mempersiapkan, perubahan ya keberuntungan untuknya. Berkuranglah rasa sedihnya di masa mendatang. Begitulah. Sudah saya bilang. Ini materi jayus (-_-) ..
Masih belum kapok juga?

Semacam itulah saya menikmati hidup. Melihat adegan ‘X’ di film kehidupan penulis, timbul konflik, si A bersi keras bahwa bola itu bulat, si B bersi keras bahwa bola itu lonjong, mereka berdebat, memperdebatkan sesuatu yang sebenarnya mereka sama-sama ada benarnya, sama-sama ada salahnya, klimaks, ending-nya kalau nggak mufakat, pengalihan ke ‘debat’ yang lain.. habis adegan ‘X’.

Nikmatnya diam, mengamati, memahami, mengkalkulasi, mengambil hikmah yang dengan hikmah itu kita bisa meminimalisir dampak negatif untuk masa depan akhirat, akhirat, akhirat dan dunia kita, jika kita mendapat masalah yang sama. Hidup berjalan dengan penuh kesadaran. Melihat adegan ‘Y’.. dan seterusnya.

Memahami bahwa sebenarnya kita ini hiburan. Kita lucu. Kita menggemaskan. Kita jahat. Kita baik. Kita hebat. Kita sempurna. Kita bodoh. Kita lupa. Kita jenius. Kita menyenangkan. Kita rapuh. Kita nakal. Kita centil. Kita irasional. Kita kesibukan Tuhan yang cukup sepadan dengan sempurnanya Tuhan Yang Maha Sempurna .

Mengenali diri kita yang sebenarnya. Sadar, paham, mengerti dengan memandang segala sesuatu sebagaimana adanya, lebih utuh.. adalah kenikmatan yang pernah penulis alami. Seperti kita diberikan kesempatan untuk mencicipi sedikit sudut pandang Tuhan. Sudut pandang yang menyeluruh, sempurna.

Menyadari bahwa sebenarnya kita itu tidak benar-benar di sini. Yang ada hanya manifestasi Tuhan yang dienkapsulasi di dalam ilusi (dunia) yang materialnya tersusun oleh atom. Walaupun menurut ahli, atom itupun tidak benar-benar memiliki isi. Isi atom itu quark. Ketiadaan. Menyadari bahwa yang kita tangkap dengan panca indra adalah ilusi Yang Maha Cerdas, dan yang nyata secara sempurna hanyalah Dia, ‘kita’. Yang ngantuk boleh cuci muka.

Semoga ini bisa menenangkan bagi pembaca yang memang sudah tenang .. yang masih ‘labil’ .. moga cepet stabil.

>> KENIKMATAN TERTINGGI DI AKHIRAT


Sebelum kita ngomong sesuatu yang di luar akal sehat kita, saya pengen tanya gan, gimana rasanya lihat pemandangan ini:

Subhanallah ya gan 🙂 ..

Indah ya ..

Sebentar .. saya masih pengen liat ..

L

O

A

D

I

N

G

 

P

L

E

A

S

E

 

W

A

I

T

.

.

.

Terima kasih telah menunggu ..
Tentram ya rasanya ..
Kenikmatan surgawi ..

Bidadarinya .. apakah anda bisa membayangkannya? Bagi wanita, tidak ada bidadara memang :D, di akhirat nanti katanya rasa cemburu dan semua sifat yang mengandung negatifitas itu dilenyapkan. Anda jadi ‘pemimpin’ para bidadari, di sana anda justru lebih utama dari bidadari-bidadari yang semula jadi sudah kinyis-kinyis itu. Beda sama sekarang, coba deh ngaca (eh maap :D)..

Berikut hal (saya kutip dari sini dan sini) yang perlu anda ketahui untuk membantu membayangkan bagaimana ‘Subhanallah’-nya bidadari surga.

Harumnya..

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sekiranya salah seorang bidadari surga datang ke dunia, pasti ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak. Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Cantiknya..
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rombongan yang pertama masuk surga adalah dengan wajah bercahaya bak rembulan di malam purnama. Rombongan berikutnya adalah dengan wajah bercahaya seperti bintang-bintang yang berkemilau di langit. Masing-masing orang di antara mereka mempunyai dua istri, dimana sumsum tulang betisnya kelihatan dari balik dagingnya. Di dalam surga nanti tidak ada bujangan.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Akhlaknya..

Allah Subhanahu wa Ta’ala menyifati bidadari dengan “menundukkan pandangan” pada tiga tempat di Al-Qur’an, yaitu:

“Di dalam surga, terdapat bidadari-bidadari-bidadari yang sopan, yang menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. Maka nikmat Rabb-mu yang manakah yang kamu dustakan? Seakan-akan biadadari itu permata yakut dan marjan.” (Qs. Ar-Rahman: 56-58)

“Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya.” (Qs. Ash-Shaffat: 48)

“Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya.”

Seluruh ahli tafsir sepakat bahwa pandangan para bidadari surgawi hanya tertuju untuk suami mereka, sehingga mereka tidak pernah melirik lelaki lain.

Gemerlapnya..

Allah Ta’ala berfirman, “Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.” (Qs. ar-Rahman: 58)

al-Hasan dan mayoritas ahli tafsir lainnya mengatakan bahwa yang dimaksudkan adalah bidadari-bidadari surga itu sebening yaqut dan seputih marjan.

Allah juga menyatakan,“(Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam kemah.” (Qs. Ar-Rahman: 72)

Maksudnya mereka itu dipingit hanya diperuntukkan bagi para suami mereka, sedangkan orang lain tidak ada yang melihat dan tidak ada yang tahu. Mereka berada di dalam kemah.

Dan sedahsyat apapun kemampuan berimajinasi anda..

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Azza wa Jalla berfirman, “Aku siapkan bagi hamba-hamba-Ku yang shalih sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terlintas oleh pikiran.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Saya tidak bisa menyalahkan imajinasi kita-kita yang masih level baring. Namun, keindahan di dunia tidak ada apa-apanya dibanding keindahan di akhirat. Tidak ada apa-apanya. Nothing.

 

Anda tau tidak, kalau اَللّهُ itu Maha Indah? (Pura-pura gak tau aja lah ya). Sebenarnya sifat اَللّهُ yang satu ini, kalau kita mengetahuinya.. bisa-bisa kita gak sempat mikir buat dosa :). اَللّهُ itu Maha Indah sodara. Maha Indah.
Em-ama-ha-aha-i-en-de-ada-ha.

Panjang lebarnya silahkan klik link ini.

Dan jika anda mau jalan-jalan ke link ini.

Anda akan menemukan kesimpulan bahwa kenikmatan tertinggi di akhirat yakni..

– memandang wajah اَللّهُ –

Dia Maha Indah. Tiada satupun yang menyerupai-Nya. Sampai sini saya tidak menyalahkan anda jadi ngantuk. Karena memang bukan kapasistas kita sebagai manusia mampu membayangkan keindahan اَللّهُ S.W.T. Yang jelas, wajah kita saja memandangnya jadi indah, lalu bagaimana keindahan dari yang menyebabkan wajah-wajah itu berubah menjadi indah?

Wajah-wajah (orang-orang mu’min) pada hari itu berseri-seri (indah). Kepada Rabbnyalah mereka melihat” (QS al-Qiyaamah:22-23)

Terimakasih banyak sudah repot-repot baca sampai sini. Jika anda lihat kebaikan dan bisa ambil manfaat dari sini, itu karena ijin-Nya, dan sudah pasti asal mulanya dari-Nya. Jika anda lihat semacam penyimpangan maupun bid’ah (jenis yang) tidak bermanfaat, itu 99,9% karena kebungulan dan ke-dha’if-an saya.

 

Jazakumullahu khairan katsiira. Amin.


 

Iklan

One thought on “Kenikmatan Tertinggi

  1. Ping-balik: My Life | Simple Art

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s