Plugin Bootstrap untuk WordPress

Oleh:
Ami Arief Gunawan Putra

Selayang Pandang

Bootstrap adalah sebuah framework css gratis yang dikembangkan oleh tim twitter bagi para web designer. Lebih sering digunakan sebagai template untuk mendesign template website yang elegan, bersih, rapi dan yang paling penting, responsive.

Seiring perkembangan jaman, bootstrap dimodifikasi untuk banyak hal, mulai dari hanya sekedar sabagai pengaturan css biasa hingga sebagai plugin CMS seperti yang akan dibahas dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Plugin Bootstrap yang Stabil untuk WordPress

DW SHORTCODES BOOTSTRAP
Ini adalah plugin bootstrap yang paling masuk akal untuk anda install pada wordpress anda. Mengingat rata-rata plugin bootstrap untuk wordpress banyak yang tidak kompatibel dengan wordpress di banyak versi. Saya menguji plugin ini pada wordpress versi 3.6.1, 3.8.3, dan 3.9.1. Masing-masing versi terbaik pada masanya, dan hasilnya plugin ini kompatibel dan ringan pada semua versi kecuali versi 3.9.1.

Memang versi terbaru wordpress yang satu ini masih butuh perbaikan. Baru-baru saja dirilis. Jika ingin turut berpartisipasi, sebaiknya anda download wordpress 3.9.1 dan uji coba. Apabila menemukan bug, segera report issue kepada pihak wordpress.

Terlepas dari itu, plugin ini saya taruh pada peringkat pertama sebagai juara plugin bootstrap untuk wordpress karena 2 hal:
– Fitur-fitur yang up to date sekaligus stabil
– Simpel, ringan, sekaligus efektif

BOOTSTRAP SHORTCODES 1.5.0
Nah, kalau plugin yang satu ini memang ‘pemain lama’. Namun jangan salah, walaupun jadul namun fitur-fitur yang tertanam di dalamnya terbilang sangat lengkap di jamannya.

Saya malah menggunakan versi 1.5.0 daripada yang terbaru saat ini (3.0.2), karena yang versi terbaru ribet. Kompleksnya sih tidak masalah, yang masalah itu tidak bisa digunakan pada wordpress 3 generasi, yakni versi 3.6.1, 3.8.3 dan 3.9.1.

Yang terbaru belum tentu yang terbaik. Saya yakin dengan statement tersebut karena saya telah mengujinya sendiri. Itulah sebabnya plugin ini saya beri podium kejuaraan nomor 2. Sangat layak untuk menjadi koleksi anda.
– Fitur yang lengkap
– Stabil dan lebih bisa diandalkan daripada generasi terbarunya

EASY BOOTSTRAP SHORTCODES
Untuk plugin yang satu ini, saya tidak bisa berkata banyak. Ini adalah plugin terbaik untuk topik plugin bootstrap. Namun saya terpaksa menaruhnya pada peringkat 3. Karena plugin ini berbayar.

Plugin ini sangat sempurna. Penilaian terpenting saya terletak pada dokumentasi dan fiturnya. Dokumentasi sangat sangat lengkap sekali. Fitur juga. Tidak ada satupun fitur bootstrap yang missing untuk kategori plugin. Semua rapi, elegan, namun apa artinya itu jika tidak bisa dipakai bila tidak punya kartu kredit?

Namun saya tetap salut terhadap developer yang sangat serius membuat plugin ini. Walaupun dapat versi trial yang fungsinya tidak aktif, saya tetap mengkoleksinya.
– Dokumentasi sangat lengkap
– Fitur terbaru, lengkap, ringan, stabil, elegan

Versi WordPress yang Stabil untuk Plugin

Setelah menguji wordpress terbaik pada 3 generasi masing-masing, yakni wordpress v 3.6.1, 3.8.3, 3.9.1, maka dengan ini saya menyatakan (kayak pidato presiden aja :D) bahwa CMS WordPress yang paling stabil untuk semua plugin terbaru adalah:
– WordPress v 3.8.3
– WordPress v 3.6.1

Dengan rekomendasi CMS WordPress terbaik:
– WordPress v 3.8.3

Fitur-fiturnya lengkap. Selayang pandang saya nyaris tidak dapat membedakan antara Wp v 3.8.3 dengan 3.9.1. Namun kompatibilitas dari Wp 3.8.3 ini melingkupi semua versi wordpress yang pernah ada. Congrat to Wp 3.8.3.

Percobaan

Pada percobaan kali ini, saya hanya menguji 1 plugin bootstrap pilihan saya dengan 1 Wp versi pilihan saya untuk gambaran yang lebih ringkas dan efektif untuk anda baca.

REQUIREMENT:
– WordPress v.3.8.3
– DW Shortcode WordPress

INSTALASI:
– Install CMS WordPress
– Install DW Shortcode WordPress

CARA MENGGUNAKAN:
– Buka atau buat sebuah posting atau page, maka antar muka DW Shortcode WordPress akan tampak pada post editor TinyMCE, tepat di bawah grup tab bawaan wordpress. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut.

  • Klik salah satu tombol DW Shortcode WordPress.
  • Isikan value, maka shortcode akan keluar pada text editor.
  • Ganti konten yang ingin anda ganti.
  • Lihat hasil sementara dengan klik “preview” atau “pratampil” DW-Bootstrap-Wordpress-1

FITUR:

– Fluid grid system
DW-Bootstrap-Wordpress-2Selain pola jumlah kolom di atas, anda juga bisa memasukkan kolom sebanyak yang anda inginkan.

 

– NOTIFICATION
DW-Bootstrap-Wordpress-3
– BUTTONS
DW-Bootstrap-Wordpress-4

 

– ICON
DW-Bootstrap-Wordpress-5

– TABS
DW-Bootstrap-Wordpress-6Anda dapat menambah jumlah tab sesuai dengan yang anda inginkan. Opsi container untuk menjadikan sebuah tab sebagai induk dari tab-tab yang ingin ingin dijadikan sub-tab. Contoh container adalah tab “ami” dengan sub-tab “deskripsi” yang sedang aktif, “Hobby” yang sedang diarahkan kursor, dan “karya”.

 

– COLLAPSE
DW-Bootstrap-Wordpress-7Anda dapat menentukan jumlah dari menu yang dapat dilakukan ekspansi.


Yah, demikian tutorial ini saya buat semoga bermanfaat.

If we never try we’ll never know.

Coldplay – Fix You

Tinggalkan Balasan

