CARA BIJAKSANA BUANG-BUANG UANG DALAM DUNIA IT

Daftar Isi
Fresh Money
Kursus
Alat Teknisi Komputer
Komputer Server
Perangkat Jaringan
Tanah & Ruang Serbaguna


 


Pengen beli laptop gaming? Alat musik? Aksesoris komputer? Barang branded? Jalan-jalan? atau Foya-foya? Tunggu dulu. Pertimbangkanlah beberapa hal di bawah sebelum anda berencana menghambur-hamburkan uang jika anda makhluk IT.

Fresh Money

Bayangkan sekarang anda masih usia di bawah 24. Ingin atau butuh jabatan strategis pada lingkup tertentu dalam bidang IT. Contoh mindstream-nya Instansi Pemerintah. Atau kalau maunya yang lebih bergengsi dan kelihatan lebih terpelajar kita bisa ambil contoh jalur computer science, ambilah contoh bio teknologi, robotik atau teknologi yang bersifat komersial untuk industri. Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan akses menuju jabatan yang sesuai dengan keinginan di tempat-tempat yang birokrasinya ketat tersebut? Mungkin salah satu jalan baik-baiknya adalah internship jika belum dibuka lowongan, atau coba dengan menjadi office boy atau tukang sapunya. Kalau bisa lanjut ke helper si scientists-nya atau si pemegang jabatan atau ilmu yang anda butuhkan. Fresh money akan anda perlukan untuk living cost, traktir orang tidak pelit berbagi ilmu yang anda cari (jika mampu). See? Fresh money. You need fresh money for it. Kayak cerita di film, tapi itu di adaptasi berdasarkan pengalaman dari orang yang saya kenal dan sekarang menangani aneka rupa dan warna perkara di bidang IT infrastructure. Berawal dari keadaan yang memaksa. Lama-lama dipercaya menangani masalah-masalah seorang IT support. Menangani troubleshoot komputer. Selang waktu berjalan, pindah kerja, menangani perkara-perkara IT infrastructure. Loh kok bisa dari OB? Ya bagitulah hidup, (usap janggut).
 

Kursus

Anda malas ngoprek? butuh trigger? butuh inspirasi dan arah yang jelas? Carilah mentor. Anak SMK, Guru SMK, Dosen, Praktisi di lapangan, Trainer baik yang tersertifikasi maupun tidak. Boleh jadi anda tidak butuh kursusnya. Namun mungkin anda butuh apa yang membuat diri anda bernilai di kehidupan nyata. Jika anda nol maka anda butuh diisi dengan materi yang sebaiknya diberikan oleh orang yang telah menjalani terlebih dahulu. Kursus, workshop, training, seminar, magang, kerja adalah media yang menyampaikan anda kepada mentor. Simpan poin-poin yang membuat anda tidak perlu melakukan kekeliruan atau pemborosan yang sama.
 

Alat Teknisi Komputer

“Tinggalkan saja kegiatan oprek-oprek anak SMK itu”. Kalau anda mendapati mentor berkata seperti itu, iyakan saja. Jangan didebat mungkin dia bercanda atau maksudnya baik. Tapi jangan lakukan. Kenapa? Lagi-lagi fakta yang disuguhkan oleh orang yang pernah saya jumpai berkata bahwa mereka survive dan berada pada masa-masa mendekati puncak kejayaan dalam bidang IT ya dari kegiatan yang dianggap akademisi IT ‘kurang berkelas’ seperti itu. Mereka start-nya rata-rata ya dari IT support atau helper. Entah itu Trainer, Konsultan, IT Infrastructure Manager, yang saya temui ya seperti itu. Bahkan sebagaimana yang saya bilang di atas, ada yang start dari OB. Di mana korelasinya coba? OB ke IT Infrastructure. Atas nama logika, itu kan nggak konek, Tapi ketika fakta berkata, teori bisa apa? Ya tapi tentu saja jalannya tidak instan. Benar-benar perjuangan. Kalau mau dibikin buku mungkin jadi 7 jilid. Kembali ke benang merah. Anda investasi alat-alat teknisi komputer adalah langkah buang-buang uang yang saaangat bijaksana menurut saya. Mengingat hal-hal basic dan fundamental seperti itu yang justru dibutuhkan di dunia nyata.
 

Komputer Server

Jika usia anda kurang dari 24 tahun, bingung mau buang uang ke mana, anda bisa coba buat data center-data center-an. Anda bisa menggunakannya untuk kegiatan oprek-mengoprek, membuat jasa hosting atau jasa VPS amatir dengan pasar teman-teman pelajar atau mahasiswa. Anda mungkin merasa hal tersebut tidak banyak gunanya saat ini. Profitnya saja mungkin nggak nutup buat bayar listrik, maintenance-nya juga malesin. Tapi kalau sudah lulus atau melamar kerja, kemungkinan besar anda akan sangat bersyukur. Mengapa? Coba saja cari lowongan kerja system administrator server yang tidak mengharuskan ada pengalaman minimal 1 tahun, saya berikan anda tepuk tangan. Dengan pengalaman nyata, anda bisa bercerita paaanjang lebar tentang komparasi biaya antara memelihara komputer server dengan biaya menggunakan jasa cloud server pada data center profesional. Anda bisa komparasi plus minusnya secara nyata. Anda bisa ceritakan suka duka anda memelihara server fisik. Anda punya pengalaman yang mahal yang mana tidak semua orang punya atau sanggup miliki. Anda punya kunci dan skill yang ambil bagian untuk efisiensi cashflow perusahaan. Yang mana itu berarti anda punya nilai lebih. Hanya dengan bermodal komputer server, skill yang diperlukan di lapangan dan susah payah dalam belajar selama beberapa waktu. Membeli komputer server adalah salah satu langkah buang-buang uang yang sangat bijaksana. Khususnya bila disusul dengan keahlian yang match dengan job requirement.
 

Perangkat Jaringan

Router, Switch, Wireless, Crimping, UTP, RJ45, LAN tester, dsb. Ini mungkin terkesan tidak penting untuk dibahas di tulisan ini namun penting untuk dilampirkan khususnya bagi yang belum mengetahui atau (kita) yang newbe. Silahkan berkunjung saja ke sekolah-sekolah, kampus-kampus, instansi pemerintahan, perusahaan. Mana yang tidak menggunakan perangkat jaringan komputer (selain yang daerah 3T)? Dengan rajin ngoprek, ngonfig dan mengerti ‘cara pegang’ fisiknya alat jaringan, anda ada nilai jika ingin menjadi ‘IT-man’ dari naungan-naungan tersebut.
 

Tanah & Ruang Serbaguna

Anak IT? Coding segan? Ngonfig tak mau? radikal? feel young, wild and free? Ya sudah jadi business owner-nya saja. Kalau mampu. Apa salahnya lulusan IT jadi business owner? Nggak ada. Lalu apa urgensinya tanah dan bangunan serba guna?

Client: “IT Solution?”
IT Solution: “Iya.”
Client: “Ini alamatnya di mana ya?”
IT Solution: “…?”

See?. Ternyata tak hanya isi. Wadah dan kemasan juga penting. Hanya berlaku di IT? Faktanya tidak. Jualan barang dan jasa apapun.

Ada cara kreatif. Saya pernah bertemu praktisi IT infrastructure rangkap IT consultant. Dominan freelance. Basecamp-nya kos biasa. Tapi SEO website-nya bagus. Kinerjanya cepat, dinamis dan profesional. Kekuatannya pada relasi dan tim yang solid.

Terkait aset. Ruang serbaguna, ruang costumer services, VIP room, toilet, cafetaria, lahan parkir. Jika ada sisa ruang dan uang, tak ada ruginya sama sekali untuk membuat mes, penginapan, hotel kapsul, sebagai salah satu pendukung usaha atau mungkin sumber pemasukan tambahan.

Saya tidak meluas ke masalah IMB, SITU dan aneka perijinan lainnya karena ilmu-ilmunya masih di luar kapasitas saya. Tapi informasi tersebut cukup penting dilampirkan terutama bagi (kita) yang belum mengerti, karena kemungkinan besar ujung-ujungnya juga akan bersinggungan dengan hal tersebut.

 

Sekian. Semoga bermanfaat.

 


Ngomong-ngomong, saya tidak ambil untung atas ads yang ada di blog ini. Jikalau anda ada niatan untuk berkontribusi, anda bisa doakan saja saya supaya dapat ilmu & rejeki yang baik, manfaat, berbobot lagi barokah. Serta memiliki amalan yang diterima. Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s