SIMBIOSIS

Daftar Isi
Kompetisi
Amensalisme
Parasitisme
Komensalisme
Mutualisme
Netralisme

 


Simbiosis. Merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion. Secara umum, simbiosis terbagi menjadi 6: kompetisi, amensalisme, parasitisme, komensalisme, mutulaisme, netralisme.

 

Kompetisi

Merupakan simbiosis di mana kedua pihak saling merugikan. Biasanya terjadi melalui kompetisi dalam memperebutkan makanan. Simbiosis kompetisi terbagi menjadi 2, intraspesifik dan interspesifik. Kompetensi intraspesifik terjadi antar individu yang spesiesnya sama, contoh: persaingan singa jantan dalam memperebutkan wilayah atau pasangan. Kompetensi interspesifik terjadi antar individu yang berbeda spesies, contoh: persaingan antara kambing dengan sapi di padang rumput.

 

Amensalisme

Merupakan simbiosis di mana pihak yang satu dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contoh: pohon walnut dengan tumbuhan lainnya tidak dapat hidup karena pohon walnut menghasilkan senyawa alelopati.

 

Parasitisme

Merupakan simbiosis di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya. Contoh: Tanaman benalu dan inangnya. Tanaman benalu mengambil sari makanan dengan inangnya.

 

Komensalisme

Merupakan simbiosis di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tetapi pihak yang lain tidak dirugikan dan tidak pula diuntungkan. Contoh: Anggrek dan pohon mangga. Anggrek menumpang tempat hidup di pohon mangga.

 

Mutualisme

Merupakan hubungan sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak. Contoh: bunga dengan kupu-kupu. Bunga dibantu proses penyerbukannya sedang kupu-kupu mendapat nektar.

 

Netralisme

Di mana kedua pihak tidak saling diuntungkan maupun dirugikan. Contoh: kambing dengan burung hantu.

 


Sumber
id.m.wikipedia.org/wiki/Simbiosis       | 2017-Nov-14
Iklan

Satu respons untuk “SIMBIOSIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s